Bagikan di

Monday, February 27, 2017

Apa Benar Sekolah / Kuliah di luar Negeri itu Susah dibanding Dalam Negeri

kuliah luar negeri

Memang benar sekolah diluar negeri itu susah.
Tapi gak sesusah di Indonesia.

Kalau kita adjust kemampuan bahasa Inggris, sekolah disini itu kita rasanya dimanja dan harusnya gak ada alasan buat gak selesai.
  1. Dosen selalu ada, tinggal email janjian ketemuan pasti dibales. Mereka juga pasti tepat waktu kalau mau ketemuan.
  2. Di library nyari buku apa saja ada, kalau kampus gak punya? ada interlibrary loan buatt minjem buku dari library kampus lain.
  3. Kampus ngeluarin ratusan juta buatt subscribe ke jurnal-jurnal ilmiah dan software2 statistik maupun multimedia buat kita pakai gratisan.
  4. Kuliah cuma 3-4 kali seminggu, durasi 3-4 jam sehari. sisanya? kerja PR.
  5. PA beneran mantau nilai-nilai dan strategi pengambilan mata kuliah kita.
  6. Mau daftar internship atau nyari kerja? ada fasilitas review resume. Ada career fair, dan informasi lowongan kerja mengalir sekali seminggu ke email kita.
  7. Ada writing studio juga buatt cek ricek grammar dan alur tulisan kita sebelum di setor ke dosen.
  8. Mau berorganisasi? Ada ratusan organisasi yang bisa kamu join kapan aja. kampus juga ngasih funding gratis dari student fee buatt dipakai ngapain aja. Mau bikin fashion show kek, ngundang DJ ke kampus kek, atau cuma acara makan-makan? semua bolehhh.
  9. Mandek thesis dan pengolahan data? kampus ada lab computer buatt troubleshooting syntax dan konsul analisis data
  10. Stress dengan kehidupan? kampus ada fasilitas konseling mental buatt membantu mahasiswa-mahasiswa yang semangat juang lagi rendah.
  11. IPK berasa gak bagus? PA kamu punya fasilitas buat memantau IPK2 yang melonjak turun, terus kamu langsung dipanggil buatt konseling pribadi. Kamu bisa drop kelas juga kalau berasa kelas ini bahaya dan akan menjatuhkan total IPKmu.
  12. Gak punya duit buat makan karena stipend belum cair? kampus selalu ada event yang pastinya ada makanan gratisan.
  13. Gak ngerti urusan imigrasi, perpajakan, dan kewajiban-kewajiban kamu selama tinggal di US? ada fasilitas International student service yang bisa jelasin semua itu ke kamu. Mereka juga nyediain list-list kos2an sekitaran kampus dan metro Atlanta buatt bantu kamu nyari kos2an waktu baru dateng ke US.
  14. Mau lebih sehat? kampus ada Gym gratis yang nyediaan semuanya, dari kelas yoga sampek renang sampek karate, you name it.
  15. Suka petualangan? ada touch the earth dimana kita bisa minjem gratisan dari sepeda, alat-alat mendaki, sampai canoe plus dayung-dayungnya.
  16. Belum sempet imunisasi? mau cek kesehatan? ada klinik kampus juga yang siap sedia.
  17. Mau nonton film di bioskop tapi ga punya duit? ada cinefest bioskop kampus yang cukup update nayangin film-film terbaru.
  18. Mau ikutan kongres atau pelatihan atau seminar diluar kota? masukin proposal ke kampus aja, ada duit tersedia buatt bayarin tiket pesawat plus hotel kamu.
  19. Tertarik belajar software baru? atau mau bikin start up? kampus ada fasilitas CURVE lab yang dilengkapi komputer-komputer kelas berat plus mentor one on one per software yang ingin dikuasain.
  20. Kamu mahasiswa yang suka demo? tinggal izin ke kampus buat pinjem library plaza atau taman Hurt Park, minjem TOA dari kampus, terus turun demo deh.

Tapi yah...semua ini cm fasilitas... ujung2nya kembali ke diri masing2. Semoga semangat juang kita semua gak surut disemester akhir ini... !!!

sumber : Ameey Chan

No comments:

Post a Comment